Contoh Prosedur Sterilisasi Alat Kedokteran Gigi Di Rumah Sakit

Sterilisasi alat kedokteran gigi merupakan hal yang wajib dilakukan. Proses sterilisasinya dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa metode salah satunya dengan panas radiasi. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan singkat tentang contoh prosedur sterilisasi alat kedokteran gigi dengan metode panas kering.

Instrument Dental atau alat kedokteran gigi merupakan salah satu diantara berbagai macam alat kesehatan di rumah sakit dan klinik yang harus selalu terjaga kebersihannya.

Bukan hanya sekedar bersih dari kotoran dan debu, namun juga harus bersih dan steril dari mikroorganisme patogen yang menempel pada alat tersebut.

Oleh karena itu, peralatan dental atau alat – alat kedokteran gigi harus dan wajib disterilkan setelah digunakan hingga siap untuk digunakan kembali.

Alat kedokteran gigi (dental instrumnent) kebanyakan terbuat dari bahan logam yaitu stainless steel khusus medis.

Hal ini agar peralatan tersebut tidak mudah berkarat karena teroksidasi udara bebas. Selain itu, juga agar mudah untuk disterilisasi.

Metode sterilisasi peralatan dental yang berupa logam bisa dilakukan dengan menggunakan sterilisasi kering ataupun sterilisasi basah. Berikut ini adalah sebuah contoh prosedur sterilisasi alat kedokteran gigi dengan menggunakan Dry Heat Sterilizer atau sterilisator kering

Contoh Prosedur Sterilisasi Alat Kedokteran Gigi

sterilisasi peralatan kedokteran gigi

Perlu diketahui, ulasan ini tidak bisa dijadikan rujukan yang baku dalam hal sterilisasi medis. Ini adalah salah satu contoh serangkaian proses yang dilakukan untuk memberi gambaran bahwa proses sterilisasi dilakukan dengan beberapa tahap. Berikut tahapan tersebut.

  • Pertama, kenakanlah sarung tangan medis khusus sterilisasi dan juga baju yang digunakan dalam proses ini.
  • Kemudian kumpulkan instrument yang akan disterilkan dan letakan pada wadah khusus (bak instrument) atau sejenisnya.
  • Selanjutnya, bersihkan instrument satu persatu dari kotoran – kotoran organik yang masih menempel pada alat menggunakan sikat hingga bersih.
  • Kemudian cuci bersih alat tersebut dengan menggunakan sabun desinfektan pada air mengalir hingga bersih
  • Setelah bersih, semprotkan cairan desinfektan secara merata ke seluruh bagian alat, dan pastikan seluruh alat terkena cairan tersebut.
  • Tunggu beberapa menit, kemudian bilas lagi dengan air mengalir hingga benar – benar bersih.
  • Siapkan alat sterilisasi yang akan digunakna untuk mensterilkan alat tersebut yaitu sterilisator kering atau Dry Heat Sterilisator
  • Letakkan alat – alat kedokteran gigi tadi pada rak yang terdapat di dalam ruang sterilisasi dan kelompokkan berdasarkan jenisnya.
  • Jika sudah semua, nyalakan alat sterilisasi dengan menekan tombol on
  • Seting temperature sterilisasi pada suhu 190 C °
  • Seting waktu sterilisasi selama 120 menit
  • Tunggu hingga proses sterilisasi berakhir, biasanya alat akan otomatis off ketika waktu sudah terlampaui.
  • Tunggu beberapa saat hingga suhu ruangan turun, buka pintu alat sterilisasi dan keluarkan alat satu persatu hingga dan letakan pada wadah steril untuk disimpan.

Ulasan ini bisa jadi benar bisa jadi kuran tepat atau masih terdapat beberapa langkah yang terlewat atau kurang lengkap.

Jadi bagi anda yang kebetulan lebih mengetahui tentang prosedur ini, harap untuk memberi masukkan pada kolom komentar.

Sekian saja yang bisa saya sampaikan, semoga ulasan contoh prosedur sterilisasi alat kedokteran gigi yang saya tulis dapat menambah pengetahuan kita bersama.

See you on the next page.

Leave a Reply