Cara Pasang Sambungan Listrik Baru Secara Online

Pasang listrik online sekarang ini bukanlah sebuah wacana lagi, melainkan hal yang sudah bisa kita lakukan dengan mudah. Memang, di era milenial seperti sekarang ini, semuanya serba online, jadi apapun itu, kalau bisa ya dilayani secara online. Termasuk juga pengalaman yang akan saya ceritakan kali ini.

Dulu, tidak banyak rumah yang berlangganan listrik langsung dari PLN. Dalam istilah di pedesaan “pasang listrik”. Kebanyakan, satu meteran di satu rumah digunakan untuk beberapa rumah dengan biaya ditanggung bersama. Seiring berjalannya waktu, kebutuhan listrik juga semakin bertambah. Tidak bisa lagi hanya dengan menumpang.

Pasang listrik dulu dan sekarang juga sudah banyak perbedaan, dulu kita hanya tahu jasa pasang listrik yang dilakukan oleh tukang listrik tanpa mengerti apakah iya petugas PLN atau bukan. Kita hanya tahu, yang pasti ketika kita membutuhkan sambungan listrik, yang kita hubungi adalah tukang listrik tersebut.

Perkembangan zaman sekarang ini membuat orang mengerti semua hal, kita dapat dengan mudah mengakses informasi bahkan dari rumah. Jaringan internet mengubah segalanya, termasuk juga metode atau cara pasang listrik yang sekarang kita bisa lakukan secara online tanpa jasa.

Bagaimana caranya ?

Dibilang mudah, ya mudah. Dibilang ribet ya lumayan ribet. Sekarang saya akan share pengalaman saya saat mencoba daftar pasang listrik baru online langsung dari PLN. Baca sampai habis ya biar paham !

Cara Daftar Pasang Listrik Online

Sebelum kita bahas alur psang listrik baru secara online ada baiknya anda mengetahui beberapa point tahapannya berikut ini :

  • Pertama, anda melakukan registrasi melalui web resmi PLN. Anda tidak membutuhkan dokumen apapun baik dalam bentuk berkas ataupun soft copy. Yang anda butuhkan adalah alamat email, no telephone, dan KTP (apabila anda tidak hapal nomer NIK anda)
  • Kedua Setelah melakukan serangkaian tahapan registrasi secara online, anda diharuskan membayar tagihan pasang baru dengan rincian biaya terlampir melalui transfer bank, bisa lewat ATM atau Bank yang ditunjuk.
  • Tahap ketiga petugas akan mendatangi rumah anda untuk melakukan pemasangan listrik.

Nah, mudah sekali kan ? Yuk sekarang kita ikuti cara detailnya.

Registrasi Melalui Website Resmi PLN

  • Dalam hal ini, ada membutuhkan komputer yang telah terkoneksi dengan internet. Anda bisa lakukan dirumah atau anda bisa pergi ke warnet.
  • Siapkan alamat email anda yang aktif, karena konfirmasi dan instruksi lanjutan ataupun biaya pasang listrik baru online disampaikan melalui email.
  • Setelah semua siap, buka browser anda dan silahkan masuk ke alamat ini : https://www.pln.co.id/pelanggan/layanan-online/sambungan-baru
  • Di sini anda disuguhi dengan Syarat dan Ketentuan Pasang Listrik Sambungan Baru Online. Silahan bila ingin membacanya, apabila tidak langsung saja scroll ke bagian paling bawah, anda wajib klik tombol “Setuju” kemudian klik “OK”
    alur pasang listrik baru online
  • Selanjutnya, anda dibawa ke halaman formulir data pelanggan dan data pemohon. Anda wajib mengisi data ini dengan benar
    pasang listrik pln online
  • Pada gambar datas, sengaja saya beri tanda kotak merah pada bagian yang cukup penting. Pertama SLO atau Sertifikat Layak Operasi. Di sini lebih baik pilih saja belum memiliki SLO. Kemudian, instalasi listrik. Bila sudah terpasang anda bisa langsung lanjut proses pembayaran. Namun apabila belum, PLN meminta tanggal estimasi kapan instalasi listrik anda bisa terpasang. Dan anda diharuskan membayar setelah instalasi listrik anda siap.
  • Jangan lupa isi juga dapat pada tab “data pemohon” bila datanya sama, anda tingga beri tanda centang pada keterangan “copy berdasarkan data pelanggan” maka semua data akan otomatis terisi.
    cara daftar listrik pln online
  • Jangan lupa, isikan alamat email anda yang aktif dan anda tidak lupa passwprdnya. Jika semua sudah sterisi, scroll pada bagian bawah dan klik “hitung biaya”

    pasang listrik pln online
  • Jika data yang anda masukkan sudah benar dan tidak ada yang dianggap invalid maka akan keluar rincian biaya pasang listrik baru online yang harus anda bayarkan.

    pasang listrik pln online

  • Kemudian beri tanda centang pada opsi peryataan bersedia mengikuti ketentuan yang berlaku, input kode Capta dan klik “Simpan Permohonan”

Sekarang permohonan pasang listrik baru anda sudah masuk ke PLN pusat. Selanjutnya silahkan masuk ke email anda untuk melakukan konfirmasi dengan memasukkan kode transaksi yang sudah dikirimkan secara otomatis ke alamat email anda.

pasang listrik baru pln

Klik link dengan tulisan warna biru dan masukkan kode transaksi anda di kolom yang tersedia, kemudian klik simpan.

pasang listrik pln online

Selanjutnya akan keluar kode boking yang merupakan nomor rekening untuk melakukan pembayaran yang bisa anda lakukan melalui bank ataupun dengan transfer antar bank melalui mesin ATM.

Alur selanjutnya, anda tinggal menunggu petugas PLN datang ke rumah anda untuk melakukan pemasangan meter listrik dan juga sambungan ke instalasi listrik rumah anda. Oh iya, jangan lupa siapkan peralatan berikut karena memang ini menjadi tanggungan pemilik rumah / bangunan :

  • Box MCB berikut saklar MCB, ukuran disesuaikan dengan daya listrik anda.
  • Kabel NYM ¾ sepanjang 1 sampai 2 meter (tergantung kebutuhan)
  • Besi groud 1 buah
  • Kabel ground sepanjang 2 sampai 3 meter (tergantung kebutuhan)

Nah, cukup mudah bukan. Teknologi memang membuat segalanya menjadi mudah, membuat hal yang tadinya tidak mungkin menjadi mungkin. Nah, itulah seklumit pengalaman saya pasang sambungan listrik baru secara online yang sudah beberapa kali saya lakukan. Sekian, mudah – mudahan bermanfaat !

Leave a Reply