Mengenal Bagian – Bagian Teleskop Reflektor

Bagian – bagian teleskop atau teropong memiliki fungsi masing – masing sedemikian sehingga teleskop dapat dengan mudah dioperasikan untuk melihat benda – benda yang jauh seperti bintang, planet, galaksi dan lainnya. Bagian tersebut dirancang dan disesuaikan dengan jenis teropong dan juga tingkat efektifitasnya.

Diantara beberapa jenis teropong yang sudah kita bahas pada kesempatan yang lalu, terdapat teropong bintang yang memiliki dua jenis yaitu Reflektor dan Refraktor. Kali ini, izinkan saya berbagi informasi mengenai bagian – bagian teropong bintang jenis reflector atau teropong pantul.

Teropong yang akan saya ulas bagian – bagiannya dan saya bagikan kepada anda sekalian, merupakan salah satu teropong yang saya miliki. Teropong ini saya beli melalui saudara ipar saya yang bekerja di Amerika dari situs Amazon.com.

Waktu itu, entah apa yang ada di benak saya, sepertinya sangat penasaran melihat penampakan planet bila dilihat melalui teleskop secara langsung, bukan rekaman di video atau foto. Teleskop pertama yang saya beli di Jakarta berjenis refraktor dan yang ini reflector.

Penasaran ! Yuk langsung saja lihat penampakannya

Teleskop Reflektor

 

Teleskop ini diberi nama Teleskop Celestron Powerseeker 114EQ dengan jenis teleskop refraktor dan memiliki jangkauan cukup baik untuk melihat benda – benda langit seperti bintang dan juga planet. Untuk lebih jelasnya, sekarang kita simak bagian – bagiaanya satu persatu.

Bagian – Bagian Teleskop Reflektor

1. Telescope Tube (Tabung Teleskop)

 

Tabung teleskop_bagian teleskop refrlektor

Ini adalah bagian utama dari sebuah teleskop, yaitu sebuah bagian berbentuk tabung dengan ukuran diameter tertentu. Semua jenis teleskop memiliki tabung teleskop, meskipun bentuknya berbeda – beda. Kalau kita lihat, pada jenis teleskop ini tabung berbentuk utuh, dan memiliki diameter sama dari depan hingga belakang.

Apa fungsi tabung ini ? Fungsi tabung teleskop cukup banyak, diantaranya adalah untuk menenpatkan cermin (reflector) agar posisinya stabil, menempatkan finder scope dan juga dudukan Eyepiece serta membuat teleskop mudah digunakan di atas tripod.

2. Reflektor (Cermin Cekung)

cermin cekung_bagian teleskop reflektor

 

Bagian ini yang membuat jenis teleskop ini dinamakan teleskop reflector. Sebuah cermin cekung digunakan untuk menangkap, mengumpulkan dan memantulkan bayangan benda yang nantinya akan diperbesar oleh Eyepiece. Dari sinilah prinsip kerja teleskop reflector didapatkan.

3. Finder Scope

 

finder scope_bagian - bagian teleskop

Finder Scoope ini merupakan alat pendukung, yaitu sebuah teleskop refraktor kecil yang berfungsi untuk melihat / mencari titik pusat benda yang akan kita lihat dengan menggunakan Eyepiece (perbesaran). Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam proses pencarian benda langit yang akan dilihat. Itu sebabnya, bagian teleskop reflektor yang satu ini diberi nama Finder Scope.

4. Cermin Sekunder & Eyepiece Stand

bagian - bagian teleskop reflektor

Bagian ini terdapat dua komponen, di dalam tabung berupa cermin datar yang berfungsi untuk memantulkan bayangan yang ditangkap oleh cermin cekung menuju ke Eyepiece sehingga memudahkan pengamat. Kemudian bagian yang diluar seperti yang anda lihat adalah dudukan Eyepiece, tempat Lensa Eyepiece berada. Dudukan ini memiliki mekanisme bisa didekatkan dan dijauhkan untuk mengatur fokus bayangan.

5. Mounting

mounting_bagian - bagian teleskop reflektor

Bagian teleskop reflektor selanjutnya yaitu Mounting. Kalau kita lihat, sekilas benda ini memiliki mekanisme yang cukup rumit dengan banyak sekrup dan gear yang dapat digerakan dengan mudah. Fungsi mounting adalah untuk memudahkan pengaturan pergerakan teleskop. Ke atas dan ke bawah, ke kanan dan ke kiri, atau dimiringkan beberapa derajat.

6. Eyepiece (Lensa Pembesar)

Eyepiece_bagian teleskop reflektor

Selanjutnya, termasuk juga bagian yang utama dalam sebuah teleskop. Eyepiece yaitu merupakan sebuah lensa cembung yang memiliki kemampuan zooming tertentu. Kemampuan ini berfungsi untuk memperbesar bayangan benda yang dihasilkan oleh cermin cekung (reflektor).

7. Tripod

Tripod_bagian - bagian teleskop reflektor

Yang tidak kalah penting sebagai bagian pendukung teleskop adalah Tripod. Berfungsi untuk menopang teleskop agar dapat dengan mudah digunakan sebagaimana mestinya. Tripod ini terdiri dari tiga kaki, terbuat dari bahan khusus yang kokoh namun tidak begitu berat. Dapat diseting ketinggiannya untuk menyesuaikan pengguna.

Memang tidak terlalu detail dan dengan bahasa yang ilmiah. Tapi saya harap anda mengetahui dan mendapatkan sesuatu yang beda dari apa yang sudah kita bahas di kesempatan kali ini. Dilain waktu mungkin akan saya coba tambahkan hal lain yang sekiranya dianggap penting untuk memperluas bahasan ini. Sekian, semoga bermanfaat !

Leave a Reply