Cuma Bahas 75 Macam Alat Kesehatan Dan Fungsinya !

Alat kesehatan dan fungsinya sebagaimana termaktub dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 118/MENKES/SK/IV/2014 menyebutkan ada banyak sekali alat medis yang diharuskan ada di rumah sakit.

Setidaknya ada tiga macam yaitu alat Elektromedik, Non Elektromedik dan alat – alat diagnostic in vitro. Ingin tau lebih lanjut mengenai macam macam alat kesehatan yang ada di dalam Kompendium Alat Kesehtan ini ?Mari lanjutkan membaca.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi macam nama alat kesehatan yang ada di rumah sakit, berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 118 tentang Kompendium Alat Kesehatan Rumah Sakit dengan menyebutkan 100 contoh alat kesehatan lengkap dengan penjelasan dan fungsinya.

Selamat Menyimak.

Pengertian Alat Kesehatan

Seperti biasa, sebelum kita masuk apda pembahasan intinya, sudah tahukah anda, apa yang dimaksud dengan alat kesehatan ?

Alat kesehatan adalah Instrumet, apparatus, mesin, implant yang tidak mengandung obat yang berfungsi untuk mencegah dan mendiagnosa penyakit, menyembuhkan dan merawat orang sakit, memulihkan kesehatan pada manusia dan untuk membentuk struktur dan memperbaiki fungsi jaringan tubuh.

Sebagaimana yang sudah kita singgung sedikit diatas, bahwa setidaknya ada tiga macam alat kesehatan yang harus ada di sebuah pusat layanan kesehatan baik itu Rumah Sakit, Klinik, Puskesmas dan yang sejenisnya yaitu Alat Elektromedik, Alat Non Elektromedik dan Alat Diagnostic In Vitro.

Untuk menyelesaikan misi kita membahas dan memberikan contoh alat kesehatan tersebut, kita akan membaginya menjadi 3 kategori tersebut.

100 Macam Alat – Alat Kesehatan Beserta Fungsinya

1. Mesin Anestesi

alat kesehatan dan fungsinya

Macam alat kesehatan yang pertama yang akan kita bahas ini termasuk dalam alat – alat operasi. Atau alat yang digunakan untuk proses operasi.

Mesin Anestesi merupakan satu alat yang berfungsi untuk menghilangkan kesadaran sesaat sebelum operasi berlangsung.

Mesin anestesi terdiri dari banyak komponen, baik utama atau pendukung. Semuanya bekerja saling terkait satu sama lainnya. Diantaranya seperti Ventilator (alat bantu pernafasan), Pasien monitor (alat monitor fisiologis) dan lain sebagainya.

2. Monitor Apnea

Mungkin nama Apnea Monitor merupakan alat kesehatan yang cukup asing di telinga kita. Gambarnya bisa anda lihat seperti di bawah ini :

monitor apnea

Apnea Monitor merupakan alat yang digunakan untuk penanganan kasus gagal nafas atau gangguan respirasi yang akut. Dimana monitor ini berfungsi untuk memberikan peringatan ketika terjadi kondisi yang berbahaya pada pasien tersebut.

Dengan adanya monitor tersebut, petugas medis dapat segera mengambil tindakan ketika ada hal – hal yang mengancam keselamatan pasien.

3. Electrosurgical Unit (ESU)

alat kesehatan dan fungsinya

Seperti halnya Mesin Anestesi, alat ini juga termasuk alat yang digunakan dalam ruang operasi. Surgical dalam bahasa Indonesia berarti “pisau”. Secara etimologi bahasa kita bisa mendefinisikan bahwa Electrosurgical merupakan pisau elektrik yang memiliki fungsi untuk pembedahan.

Biasanya digunakan untuk pemotongan jaringan tubuh pasa saat proses operasi berlangsung. Ada sekian banyak jenis Electrosurgical atau laser surgical, salah satunya menggunakan energi dari emisi unsur Argon.

4. Suction Pump / Suction Aspirator

macam alat kesehatan dan fungsinya

Aspirator merupakan salah satu dari sekian banyak daftar alat kesehatan rumah sakit yang memiliki peranan penting.

Aspirator sering disebut dengan istilah Suction Pump atau penghisap dahak .Fungsi alat ini adalah untuk menyedot atau menghisap cairan yang tidak berguna di dalam tubuh manusia.

Suction pump juga digunakan untuk membersihkan darah yang keluar pada saat proses operasi berlangsung, menyedot dahak pasien di tenggorokan dan juga cairan yang keluar dari proses persalinan.

5. Audiometer

audiometer

Ada yang tau fungsi alat ini ? Audiometer merupakan alat yang digunakan untuk memeriksa gangguan pendengaran. Fungsinya adalah untuk menentukan respon telinga terhadap frekuensi bunyi pada intentsitas tertentu.

Dari pemeriksaan tersebut kemudian diperoleh kesimpulan ada tidaknya gangguan pendengaran, berapa level gangguannya dan juga jenisnya, baik pada telinga kanan atau kiri.

6. Automatic Sphygmomanometer

alat kesehatan

Saya yakin anda asing mendengar nama alat tersebut, namun sebenarnya apabila anda melihat gambarnya anda pasti mengetahuinya. Sphygmomanometer tidak lain adalah tensimeter atau alat pengukur tekanan darah. Berkat kemajuan teknologi sekarang ini, tensimeter terdapat dua jenis yaitu digital (automatic) dan manual. 

7. Blood Warmer (Penghangat suhu darah)

gambar alat kesehatan

Sebelum darah diinfuskan pada pasien yang membutuhkan, perlu dihangatkan terlebih dulu karena sebelumnya darah di simpan dalam almari pendingin agar tidak merusak sel – selnya. Untuk membuat suhu darah tersebut sama dengan darah yang ada di dalam tubuh manusia, maka perlu dihangatkan. Blood Warmer inilah yang berperan penting dalam proses tersebut.

8. Capnometer (Alat Monitor CO2)

alat kesehatan dan fungsinya

Alat ini satu jenis dengan Apne Monitor yang sudah kita jelaskan dibagian depan. Berhubungan dengan gangguan pernapasan. Capnometer merupakana alat yang digunakan untuk memantau konsentrasi gas CO2 atau Karbon Dioksida yang digunakan untuk membantu proses ventilasi gas masuk ke dalam sistem pernapasan pasien. Alat ini juga digunakan untuk pemantauan laju pernapasan dan Adekuasi.

9. Defibrillator (Alat Kejut Jantung)

alat kesehatan dan fungsinya

Defibrillator merupakan alat medis yang berfungsi dalam tindakan Emergency. Khususnya pasien serangan jantung atau yang mengalami henti jantung. Dibarengi dengan tindakan CPR diharapkan penggunaan alat defibrillator dapat membuat jantung kembali berdetak normal.

Defibrillator bekerja dengan cara memberikan stimulus energi listrik. Dengan menggunakan bantalan elektroda, pasien diberikan sengatan listrik di dadanya. Defibrillator terdiri dari dua macam atau jenis yaitu defibrillator manual dan otomatis (AED).

10. Dental Unit

alat kedokteran gigi

Saya yakin anda pernah melihat alat ini, hampir ada di semua Puskesmas di tiap kecamatan terlebih lagi rumah sakit atau klinik gigi.

Dental Unit merupakan satu set perlengkapan medis yang berfungsi untuk pemeriksaan dan perawatan gigi dan gusi. Dental Unit terdiri dari peralatan dental, dental chair yang dilengkapi juga dengan lampu serta pernak – pernik lainnya. 

11. EKG (Elektrokardiograf)

alat medis dan fungsinya

EKG / ECG atau Electrocardiograph / Elektrokardiografi merupakan alat medis yang berfungsi untuk memeriksa kesehatan jantung. Beberapa gangguan jantung dapat dideteksi atau diindikasi dengan alat ini.

EKG sering disebut dengan alat rekam jantung. Cara kerjanya adalah dengan merekam kelistrikan otot jantung melalui elektroda yang ditempelkan pada dada pasien sesuai prosedurnya. Hasil dari pemeriksaan ini berupa grafik yang memiliki karakterisitik yang khas.

12. Heart Lung Baypass Unit

alat kesehatan dan fungsinya

Alat ini jarang sekali ditemukan di rumah sakit umum di daerah, rata – rata alat ini ada di rumah sakit bedah jantung. Heart Lung Baypass Unit ini merupakan seperangkat alat medis yang bertujuan untuk menggantikan fungsi jantung dan paru – paru pada waktu sementara saat operasi jantung dilakukan. Hal ini bertujuan agar darah tetap teroksigenasi dengan baik.

13. Hemodialysis Unit (Alat Cuci Darah)

alat hemodialisis

Macam alat kesehatan cukup banyak, dan alat yang satu ini hampir sama dengan alat yang baru saja dibahas. Yaitu sebuah instrument yang bertujun untuk melakukan tindakan tertentu.

Hemodialysis Unit merupakan alat yang berfungsi pada kegiatan cuci darah. Alat ini biasanya digunakan pada pasien gagal ginjal secara berkala untuk terapi cuci darah. 

14. Elektrik Hospital Bed

alat kesehatan dan fungsinya

Seperti halnya alat tensimeter, Hospital Bed atau ranjang pasien rumah sakit juga memiliki beberapa jenis dan salah satu jenisnya bisa kita kelompokkan pada golongan alat elektromedik karena menggunakan sistem hidraulik yang digerakan dengan energi listrik.

Bed pasien elektrik ini digerakkan dengan cara menekan remot yang ada di salah satu sisi bagian bed. Seperti bed manual, bed elektrik ini juga memiliki beberapa crank atau partisi untuk bisa digerakkan.

15. Infusion Pump

alat kesehatan dan fungsinya

Infusion Pump merupakan alat kesehatan yang berfungsi sebagai pompa otomatis untuk mengatur laju aliran infus. Selang infus dilewatkan pada alat Infus Pump agar bisa dikontrol dosisnya, laju alirannya dan berbagai macam pengaturan lainnya. Alat ini bekerja dengan prinsip elektromekanik sehingga bisa kita kategorikan sebagai alat elektromedik.

16. Inkubator Bayi

inkubator bayi

Inkubator Bayi merupakan alat yang berperan penting dalam proses perawatan bayi dalam kondisi prematur. Yaitu bayi yang terlahir lebih cepat dari waktu lahir normalnya. Alat ini dilengkapi dengan berbagai alat penunjang lainnya seperti alat oksigen, penghangat, dan juga lampu fototerapi. 

17. Laparoscopy

alat kesehatan dan fungsinya

Laparoscop merupakan satu alat yang digunakan untuk mendiagnosa penyakit – penyakit yang ada di dalam perut atau panggul. Dengan alat ini dokter dapat melihat bagian dalam perut sehingga proses diagnosa menjadi sangat mudah. Alat ini terdiri dari beberapa bagian diantaranya tabung kecil, sumber cahaya dan juga kamera.

18. Mammography Unit

macam alat kesehatan dan gambarnya

Fungsi alat kesehatan ini hampir sama dengan sinar rongsen (rontgen) yaitu menggunakan sinar – x untuk mencitrakan bagian dalam organ tubuh manusia.

Namun alat ini secara khusus di bagian payudara. Lebih tepatnya alat ini berfungsi untuk mengecek dan mendiagnosa ada tidaknya kanker payudara dan memberikan informasi morfologi payudara manusia normal dan tidak normal.

19. X-Ray Unit (Rontgen)

alat kesehatan dan fungsinya

Anda tentu sangat kenal dengan alat yang satu ini. Orang sering menyebutnya dengan Rontgen. Yaitu sebuah alat yang menggunakan teknologi sinar- x yang bisa mencitrakan struktur bagian tubuh manusia. Namun alat ini mengandung unsur radio aktif sehingga terkadang tidak boleh dilakukan kecuali dalam kondisi yang mendesak.

20. Oxygen Analyzer

alat kesehatan dan fungsinya

Kalau melihat dari nama alat kesehatan ini kita dapat menyimpulkan bahwa alat ini berhubungan dengan oksigen. Memang benar, alat ini merupakan alat yang berfungsi untuk mengukur konsentrasi oksigen dalam proses respirasi dengan menggunakan teknik tertentu seperti spektrometri. Alat ini tidak diperbolehkan dioperasikan di lingkungan yang terdapat gas mudah terbakar.

21. Phototherapy Unit

alat kesehatan dan fungsinya

Mari kita lanjutkan pembahasan contoh alat kesehatan dan fungsinya dengan membahas alat Phototherapy Unit atau sering disebut juga dengan lampu fototerapi.

Apa itu ?

Yaitu sebuah alat kesehatan yang berfungsi untuk terapi penyakit “bayi kuning”, yaitu sebuah kondisi dimana kulit bayi menjadi berwarna kuning. Hal ini terjadi karena kadar bilirubin yang diproduksi di dalam tubuhnya berlebihan. Biasanya penyakit ini ditemukan pada bayi yang terlahir prematur.

22. Ventilator Portable

alat medis dan fungsinya

Mendengar kata ventilator, anda tentu ingat dengan ventilasi rumah anda, fungsinya untuk pertukaran udara dari dalam keluar dan sebaliknya.

Samahalnya dengan ventilator pada bidang medis. Fungsinya yaitu membantu proses pernapasan dengan cara menggantikan sebagian atau seluruh fungsi paru – paru. Biasanya alat ini dipasang pada pasien dengan kondisi gangguan pernapasan yang berat.

23. Pulse Oximeter

alat kesehatan dan fungsinya

Disebut juga dengan Oksimeter yaitu sebuah alat yang digunakan untuk mengukur kadar oksigen di dalam darah manusia atau sering disebut dengan istilah saturasi oksigen.

Biasanya alat ini dikenakan di jari pasien dengan cara dijepitkan, alat ini diberi sensor cahaya yang dpat menembus jaringan sehingga dapat bekerja dengan memperhitungkan cahaya terhamburnya. Oleh sebab itu alat ini juga disebut dengan istilah finger pulse oximeter

24. Infant Warmer (Penghangat Bayi)

alat kesehatan dan fungsinya

Dari istilah kata infant warmer kita sudah dapat menyimpulkan bahwa alat ini merupakan alat medis yang berfungsi untuk menghangatkan bayi yang baru lahir.

Biasanya ini terjadi pada bayi dengan gangguan kesehatan tertentu dimana si bayi belum mampu beradaptasi dengan suhu lingkungannya. Sehingga butuh terapi kehangatan dengan menggunakan alat tersebut.

25. Fluoroscopic Unit

macam alat kesehatan dan fungsinya

Alat ini hampir sama dengan alat rontgen yaitu berfungsi untuk mengambil gambar bagian dalam tubuh manusia dengan menggunakan prinsip kerja sinar-x, hanya saja desain instrument dan komponen – komponennya tidak sama.  Hal yang perlu diketahui dari alat ini juga sama seperti alat rontgen yaitu paparan radiasi sinar-x ini bisa cukup berbahaya apabila terlalu berlebihan.

26. USG (Ultrasonografi)

alat kesehatan dan fungsinya

Tentu para ibu hamil amat mengenal alat medis yang satu ini. USG atau disebut juga Ultrasonografi merupakan alat pencitraan bagian dalam tubuh dengan menggunakan gelombang suara ultra (frekuensi tingi).

Alat ini bisa memberikan kita gambar 2 dimensi hingga 4 dimensi bagian dalam tubuh secara langsung pada layar monitor. USG paling sering digunakan untuk melihat perkembangan janin dalam kandungan.

27. EEG (Electroencepalograph)

alat kesehatan dan fungsinya

Nama alat ini sangat asing di telinga kita, namun alat ini memang ada di rumah sakit dan klinik, khususnya yang memiliki unit pemeriksaan saraf manusia.

EEG merupakan alat medis yang berfungsi untuk merekam aktifitas kelistrikan otak manusia. Prinsip kerja alat ini hampir sama dengan ECG/EKG hanya saja elektroda pada EEG ditempelkan pada kepala.

28. Lampu Periksa

alat medis dan fungsinya

Nah, pernahkah anda diperiksa oleh dokter ? Khususnya pemeriksaan bagian tubuh tertentu yang menglami luka atau kondisi lainnya ?

Tentu dokter akan mengarahkan sebuah lampu kecil yang tinggi dan memiliki roda agar dengan mudah bisa digeser – geser ?

Itulah yang dinamakan lampu periksa, fungsinya berguna untuk memberikan penerangan maksimal ketika dokter sedang memeriksa pasien, khususnya pada bagian – bagian tubuh tertentu.

29. Sterilizer (Alat Sterilisasi)

alat medis dan fungsinya

Sterilizer merupakan alat medis yang wajib ada di rumah sakit dan klinik, terlebih lagi yang memiliki unit pemeriksaan bedah operasi.

Sterilizer merupakan alat medis yang berfungsi untuk melakukan sterilisasi (Pembasmian Kuman) terhadap semua peralatan – peralatan rumah sakit yang harus dalam kondisi steril.

Contohnya alat medis dan alat – alat bedah operasi. Alat sterilisasi yang biasanya digunakan di rumah sakit setidaknya ada tiga jenis. Autoclave, sterilisator kering dan lampu UV sterilisasi ruangan.

Silahkan Baca : Mengenal Beberapa Macam Metode Sterilisasi 

30. Fetal Doppler

alat kesehatan dan fungsinya

Alat kesehatan yang satu ini biasanya digunakan oleh bidan atau dokter kandungan. Fetal Doppler merupakan alat medis yang berfungsi untuk mendeteksi detak jantung janin di dalam kandungan.

Alat ini digunakan juga untuk melakukan pemeriksaan dan pemantauan kondisi kesehatan janin selama dalam kandungan. Fetal Doppler merupakan alat yang diperjual belikan secara bebas. Alat ini juga bisa anda beli sendiri di toko alat kesehatan untuk penggunaan pribadi.

31. Oksigen Concentrator

alat kesehatan dan fungsinya

Oksigen Concentrator adalah alat kesehatan yang berfungsi sebagai penghasil oksigen dengan memanfaatkan udara di sekitar.

Dengan menyerap udara di sekitar unit, alat ini kemudian memfilter hingga menghasilkan oksigen murni sampai 98%.

Oksigen yang dihasilkan dari alat ini dapat digunakan langsung pada orang sakit untuk membantu suplay oksigen atau juga bisa anda gunakan sendiri untuk terapi penyembuhan dan relaksasi dirumah.

32. Diathermy

alat kesehatan dan fungsinya

Alat ini termasuk dalam alat terapi menggunakan tenaga listrik, yaitu digunakan untuk menghangatkan jaringan dengan lisrik frekuensi tinggi.

Terapi ini digunakan pada pasien dengan keluhan otot dan sendi serta peradangan yang mendalam.Ada cukup banyak alat portable semacam ini dipasaran seperti alat terapi infra merah yang cukup terkenal dan sudah banyak orang memilikinya.

Selanjutnya kita akan melanjutkan pembahasan mengenai alat kesehatan dan fungsinya dengan menyebutkan berbagai macam alat medis yang kita golongkan ke dalam alat – alat Non Elektromedik.

33. Blood Bag

alat kesehatan dan fungsinya

Dari nama alat kesehatan ini kita bisa menduga apa sebenarnya fungsi alat ini. Blood Bag atau bisa kita sebut sebagai kantong darah. Yaitu alat medis yang bisa berupa botol plastik atau kaca, atau bungkusan plastik dengan desain khusus. Alat ini digunakan untuk menampung, menyimpan dan juga menstransfer komponen darah untuk diproses lebih lanjut.

34. Catgut (Benang Operasi)

alat kesehatan dan fungsinya

Alat non elektromedik lainnya yaitu benang operasi. Atau dalam istilah medisnya disebut dengan Catgut. Yaitu benang yang terbuat dari bahan khusus seperti usus sapi atau domba yang dapat diserap, steril dan fleksibel.

Benang ini digunakan untuk menjahit jaringan lunak tubuh manusia. Benang operasi biasanya sudah dilengkapi dengan jarum operasi standar dalam kemasannya.

35. Dental Cement

alat kesehatan dan fungsinya

Alat ini menjadi bagian dari proses pemeriksaan dan perawatan gigi dan gusi. Dental cement berfungsi untuk pengisi gigi yang bersifat sementara. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi pulpa gigi.

36. Disposable Syringe (Alat Suntik)

alat kesehatan dan fungsinya

Istilah medis untuk nama – nama alat kesehatan terkadang sulit dipahami oleh orang awam seperti kita. Contohnya alat yang satu ini.

Disposable Syringe, sebenarnya adalah alat yang sama sekali tidak asing di mata kita. Bahkan anak – anak sering bermain alat ini. Disposably Syringe yaitu alat suntik.

Alat ini berfungsi untuk memberikan obat dalam bentuk cair langsung melalui pembulih darah. Oleh karena itu alat ini terdiri dari jarum yang tajam agar bisa ditusukkan langsung pada pasien.

37. Foley Catheter

alat kesehatan dan fungsinya

Ini merupakan alat yang digunakan sekali pakai, fungsi alat ini yaitu untuk melewatkan cairan dari saluran kemih. Alat ini dipasang melalui uretra dan berbentuk tabung yang sangat fleksibel untuk memudahkan pemasangan.

Alat ini biasanya dipasang pada pasien dengan kondisi tertentu seperti tidak diperbolehkan bergerak, pasien dengan gangguan saluran kencing dan lain sebagainya.

38. Infusion Set / Infus Set (Alat Infus)

alat kesehatan dan fungsinya

Infus Set sering disebut juga dengan satu set alat infus. Yaitu terdiri dari selang infus, lengkap dengan jarum dan juga pengatur laju aliran cairan.

Alat ini paling banyak digunakan di rumah sakit dan klinik, sebab ketika seseorang dirawat dirumah sakit, alat ini pasti diberikan pertama kali untuk menjaga agar tubuh tidak kekurangan cairan.

39. Instrument Bedah (Peralatan Bedah)

alat kesehatan dan fungsinya

Alat kesehatan yang satu ini banyak sekali macam dan jenisnya, oleh karena itu disebut dengan istilah instrument. Instrument bedah merupakan alat yang digunakan dalam proses operasi, baik operasi skala kecil ataupun besar (Mayor). Ada banyak sekali jenis dan contohnya, diantaranya seperti gunting operasi, pisau operasi, pinset, dan lain sebagainya.

40. IV Catheter

alat kesehatan dan fungsinya

IV yang dimaksud di sini adalah intra vena, jadi cateter yang dipergunakan untuk pembuluh darh vena. Berbentuk tabung yang ramping. Fungsi alat ini cukup banyak diantaranya yaitu untuk kebutuhan pengambilan sample darah, monitor tekanan darah, dan juga mengelola ciran intravena.

41. Kapas Pembalut

alat kesehatan dan fungsinya

Hampir Semua orang mengetahui benda ini. Beberapa jenis kapas juga termasuk alat – alat kesehatan yang digunakan di rumah sakit dan klinik.

Fungsi kapas ini yaitu untuk mengaplikasikan obat dalam proses penyembuhan luka. Kapas juga berfungsi untuk penyerapan cairan dari tubuh jika diperlukan.

42. Kasa Hidrofil

kasa hidrofil

Hampir sama dan mirip dengan kapas, hanya saja struktur dan bahannya berbeda. Fungsinya juga hampir sama seperti kapas, hanya saja kasa tidak langsung untuk pengaplikasian obat, namun berfungsi untuk menutup luka.

43. Kasa Pembalut

kasa pembalut

Masih seputar alat kesehatan yang berhubungan dengan perawatan dan penyembuhan luka. Kasa pembalut berfungsi untuk membalut dan menutup luka, terdiri dari kasa steril dan nonsteril. Tidak jauh beda dengan kapas hidrofil yaitu berfungsi untuk keperluan medis.

44. Pembalut Elastis

alat kesehatan dan fungsinya

Pembalut Elastis juga sering disebut dengan elastic bandage. Yaitu sebuah perban terbuat dari substansi bahan yang elastis yang berfungsi untuk menopang dan menekan bagian tubuh yang membutuhkan. Biasanya alat ini digunakan pada penderita gangguan tulang dan sendi.

45. Alat Kontrasepsi

alat kesehatan dan fungsinya

Alat Kontrasepsi juga termasuk alat medis atau alat kesehatan.Ada berbagai macam alat kontrasepsi yang ada seperti alat yang satu ini.Merupakan alat kontrasepsi pria yang berfungsi untuk mencegah kehamilan dan juga penularan penyakit.

46. Bed Pasien Manual

alat kesehatan dan fungsinya

Jika diatas kita sudah membahas Bed Pasien Elektrik, sekarang kita sebutkan jenis yang lain yaitu bed pasien manual. Karena tidak menggunakan energi listrik jadi bisa kita klasifikasikan alat kesehatan ini pada golongan alat non elektromedik. Beda pasien manual sama fungsinya dengan bed elektrik, perbedaanya hanya terletak pada sistem penggerak crank.

47. Masker

alat medis dan fungsinya

Bila anda berkunjung ke rumah sakit, tentu anda akan melihat banyak petugas medis mengenakan masker pada saat menangani pasien. Tujuannya adalah agar tidak terkontaminasi atau meminimalisir penularan penyakit dari pasien yang satu ke orang yang ada disekitarnya termasuk pada petugas medis. Masker juga tidak hanya digunakan untuk orang medis, kita juga bisa menggunakannya secara bebas.

48. Masker Oksigen

alat akesehatan dan fungsinya

Masker ini adalah masker khusus yang digunakan untuk terapi oksigen pada pasien yang membutuhkan. Bentuknya berbeda dengan masker biasa, selain itu bahan yang digunakan juga berbeda. Masker oksigen tersambung dengan selang oksigen agar proses pemberian oksigen dapat berjalan dengan baik.

49. Plester

alat kesehatan dan fungsinya

Alat ini termasuk alat-alat kesehatan keperawatan besama dengan aneka macam kapas dan kasa. Hal ini karena biasanya para perawat yang bekerja dengan peralatan seperti ini.

Plester berfungsi untuk merekatkan penutup luka seperti kapas dan kasa pembalut. Fungsinya agar penutup luka tidak terlepas dan luka tidak terkontaminasi dengan bibit penyakit.

50. Pulmonary Resuscitator

alat kesehatan dan fungsinya

Alat kesehatan ini disebut juga dengan nama Ambubag. Yaitu sebuah alat emergency yang berfungsi untuk memberikan pertolongan napas buatan dengan cara memompakan udara ke dalam pernapasan pasien yang membutuhkan. Alat ini biasanya dilengkapi dengan masker untuk memudahkan proses pemberian udara ke mulut pasien.

51. Sarung Tangan

alat kesehatan dan fungsinya

Anda pastinya paham dengan benda ini. Sarung tangan karet banyak kita lihat di rumah sakit dan klinik, para petugas medis sering kali menggunakannya.

Fungsi alat ini hampir sama seperti masker, sebagai tindakan prefentiv agat tidak mudah terkontaminasi dengan penyakit dan meminimalisir penularan penyakit. Sarung tangan wajib digunakan untuk petugas medis yang menangani pembedahan.

52. Stetoskop

alat kesehatan dan fungsinya

Kita selalu melihat alat ini dikenakan oleh dokter ketika melakukan pemeriksaan terhadap pasien. Stetoskop merupakan alat medis yang berfungsi untuk memeriksa detak jantung dan suara tarikkan napas pasien untuk diagnosis sementara atau diagnosa awal. Lebih dari itu, terdapat jenis – jenis stetoskop dan juga kegunaanya. Anda bisa baca selengkapnya di sini.

53. Tensimeter Manual

alat kesehatan dan fungsinya

Diatas kita sudah membahas Automatic Sphygmomanometer. Sekarang kita bahas jenis lainnya yaitu tensimeter manual. Bedanya yang ini tidak menggunakan atau membutuhkan enegi listrik dalam proses pengukurannya. Tensimeter manual terdiri dari dua macam yaitu tensimeter aneroid (jarum) dan tensimeter air raksa.

54. Urine Bag

alat kesehatan dan fungsinya

Kalau diatas kita sudah membahas mengenai Blood Bag di bagian lain ada juga Urine Bag. Yaitu alat medis yang digunakan untuk menampung Urine (air seni) pasien dengan gangguan pertentu, biasanya alat ini terhubung dengan selang catether.

55. Wing Needle

alat kesehatan dan fungsinya

Wing Needle merupakan jarum khusus yang digunakan untuk kebutuhan pemberian atau pengambilan darah dan cairan dari atau ke tubuh pasien melalui pembuluh darah. Jarum ini cukup tajam sehingga akan meminimalisir rasa sakit. Wing needle biasanya digunakan pada proses pemasangan infus set.

56. Termometer Air Raksa

alat kesehatan dan fungsinya

Termometer berasal dari dua suku kata dari bahasa Yunani yaitu Termos dan Meter. Dimana kita bisa mendefinisikan sebagai alat pengukur suhu.

Setidaknya ada dua jenis termometer yang ada di pasaran yaitu termometer otomatis (digital) dam tensimeter manual dan salah satu jenis termometer manual yaitu termometer air raksa.

57. Timbangan Manual

alat kesehatan dan fungsinya

Tidak hanya termometer yang memiliki jenis manual, timbangan badan juga memiliki dua jenis yaitu manual dan digital. Timbangan berfungsi untuk mengukur berat badan baik orang dewasa, anak – anak ataupun bayi. Timbangan manual hasil pengukuran diketahui dari melihat posisi angka pada skala jarum yang ditunjukkan oleh alat.

58. Infus Stand (Tiang Infus)

alat kesehatan dan fungsinya

Tiang infus merupakan perangkat penungjang medis di rumah sakit dan klinik, fungsi alat ini yaitu untuk menggantung botol infus agar tetap berada diatas (lebih tinggi ) dari pasien sehingga aliran cairan obat tetap lancar dan tidak berbalik. Alat ini biasanya terbuat dari logam stainless steel.

59. Tabung Oksigen

alat kesehatan dan fungsinya

Tidak berdeda dengan tabung gas LPG yang menampung gas LPG, tabung oksigen merupakan tabung yang cadangan oksigen untuk persediaan di rumah sakit dan klinik.

Tabung ini berisi oksigen murni yang nantinya digunakan untuk tindakan oksigenasi kepada pasien yang membutuhkan. Tabung ini bisa diisiulang atau terkadang sudah ada rumah saskit yang memproduksi sendiri. Atau terkadang ada juga yang menggunakan Oxygen Concentrator.

60. Meja Periksa (Examination Bed)

alat kesehatan dan fungsinya

Mari kita lanjutkan pembahasan alat kesehatan dan fungsinya pada alat medis yang satu ini. Examination Bed, atau meja periksa pasien atau juga ranjang periksa pasien.Merupakan alat medis yang digunakan untuk rebahan pasien ketika diperiksa. Meja ini tidak memiliki sistem elektronik sehingga bisa kita golongkan ke dalam alat – alat non elektromedik.

Setelah kita menyebutkan dua golongan alat medis yang ada di rumah sakit, sekarang kita lanjutkan dengan contoh alat medis yang ketiga yaitu alat – alat kesehatan diagnostic in Vitro. Ada apa saja ? Langsung saja kita lanjutkan dengan nama alat alat kesehatan diagnostic.

61. Blood Grouping Analyzer

alat kesehatan dan fungsinya

Mungkin hampir tidak ada orang yang mengenal alat ini selain petugas medis.Alat ini cukup langka dan anda tidak bisa menemukan alat ini disetiap rumah sakit. Fungsi alat ini yaitu untuk melakukan pengujian pengolahan darah seperti ABO dan Rh, serta fenotip sel darah.

62. Alat Uji Kadar Bilirubin

alat kesehatan dan fungsinya

Apakah anda pernah mendengar istilah bayi kuning ? Yaitu sebuah penyakit yang membuat kulit bayi berwarna kuning. Hal ini terjadi karena kelebihan kadar bilirubin pada bayi prematur. Hal ini ditangani dengan alat Phototerapy Unit yang sudah kita bahas diatas.

Namun untuk menentukan berapa banyaknya bilirubin ini dilakukan analisa dengan menggunakan alat ini. Alat uji bilirubin juga disebut dengan judianc meter.

63. Chemistry Analyzer

alat kesehatan dan fungsinya

Sebuah alat uji yang berfungsi untuk menganalisa unsur – unsur kimia di dalam darah untuk menentukan penyakit tertentu. Paramter yang dapat diuji dalam alat ini seperti glukosa, kolesterol, trigeliserid, Enzim Liver dan masih banyak lainnya. Sampel dalam pemeriksaan ini berupa serum darah yang diolah menggunakan centrifuge.

64. Hematology Analyzer

alat kesehatan dan fungsinya

Mungkin sama seperti nama alat kesehatan diagnostic in vitro yang pertama kita bahas diatas yaitu Automated Blood Grouping Analyzer. Alat yang satu ini juga berfungsi untuk menguji sel – sel darah dengan menganalisa dan menentukan jumlah sel – sel darah normal dan tidak normal sehingga diperoleh kesimpulan diagnosis penyakit tertentu oleh dokter.

65. Alat Cek Darah Portable

alat kesehatan dan fungsinya

Perkembangan teknologi semakin maju hingga banyak alat – alat dibuat untuk kemudahan manusia. Contohnya alat kesehatan yang satu ini. Alat cek darah portable terdiri dari tiga macam tes darah yaitu glukosa, kolesterol dan asam urat. Alat ini dirancang untuk penggunaan klinik dan pemakaian pribadi.

66. Strip Tes

alat kesehatan dan fungsinya

Yang dimaksud strip test di sini yaitu berkaitan dengan alat yang baru kita bahas yaitu alat cek darah portable. Untuk bisa melakukan tes, alat tersebut membutuhkan strip test yang terdiri dari tiga macam parameter tersebut. Namun ini bersifat sekali pakai.

67. Reagen

alat kesehatan dan fungsinya

Kalau alat portable yang tadi kita bicarakan menggunakan strip tes, sedangkan untuk alat Chemistry Analyzer dan Hematology Analyzer menggunakan cairan yang dinamakan Reagen.

Reagen harus disimpan dalam tempat khusus dengan suhu tertentu, bila akan dibawa ke satu tempat dibawa menggunakan alat yang telah dilengkapi dengan icebag untuk mempertahankan suhunya tetap dingin.

68. Urine Analyzer

alat kesehatan dan fungsinya

Fungsinya serupa dengan hematology analyzer dan juga chemistsry analyzer namun yang dianalisa bukanlah sample darah melainkan urin atau air seni. Alat ini tidak membutuhkan reagen namun menggunakan strip urine khusus untuk proses analisanya.

69. Immunoassy Analyzer

alat kesehatan dan fungsinya

Memang pembahasan alat kesehatan dan fungsinya, khusus untuk jenis alat diagnostic in vitro berkutat pada alat – alat yang berfungsi sebagai analyzer, atau alat penganalisa. Termasuk alat yang satu ini.

Alat analisa immunoassay yaitu sebuah alat medis yang berfungsi untuk menguji antibiotic dan juga analisa penentuan toksin virus dan juga bakteri.

70. Laryngoscope

alat kesehatan dan fungsinya

Tidak cukup banyak orang mengetahui alat ini. Laryngoscope berasal dari kata laring dan scope. Banyak alat – alat medis yang menggunakan kata “scope” yang berarti melihat. Laryngoscope merupakan alat yang berfungsi secara khusus memeriksa atau melihat bagian laring. Dirancang dengan desain yang sedemikian rupa sehingga mudah digunakan.

71. Otoscope

alat medis dan fungsinya

Seperti yang saya katakan tadi, selain laryngoscope ada juga alat medis yang disebut otoscope. Yaitu satu alat diagnostic fisik yang berfungsi untuk mempermudah pemeriksaan dalam telinga. Peran dan kegunaanya sama seperti laryngoscope.

72. Opthalmoscope

alat kesehatan dan fungsinya

Tiga alat ini serupa namun tidak sama, kalau tadi kita sudah membahas Laryngoscope dan Otoscope, sekarang ada Opthalmoscope. Yaitu alat yang berfungsi untuk mempermudah pemeriksaan mata manusia. Ketiga alat ini biasanya tergabung menjadi satu set yang disebut dengan diagnostic set.

73. Spirometer

alat kesehatan dan fungsinya

Spirometer merupakan alat medis yang berfungsi untuk pemeriksaan gangguan pernapasan, atau untuk mendeteksi ada tidaknya penyakit paru obstruktif yang diderita oleh seseorang pasien.

Pasien meniupkan udara melalui mulutnya dengan keras pada sebuah pipia kecil yang dinamakan mouthpiece. Dari pemeriksaan tersebut diperoleh data prosesntase yang merupakan kesimpulan sementara.

74. Koagulan Analyzer

alat kesehatan dan fungsinya

Kembali lagi pada alat yang bersifat diagnostic in vitro. Koagulan analyzer yaitu sebuah alat yang berfungsi untuk menganalisa pembekuan darah. Alat ini berhubungan dengan kondisi pendarahan pada pasien yang tidak dapat diidentifikasi dengan pemeriksaan fisik.

75. Rapid Tes

alat kesehatan dan fungsinya

Rapid tes merupakan sebuah instrument pendeteksi antigen dan serum, seperti contohnya Rapid Tes untuk HBsAb berfungsi untuk mendeteksi dalam mendiagnosa penyakit infeksi hepatitis. Hasil tes tersebut dapat dilihat dan dibaca secara visual tanpa memerlukan bantuan atau alat apapun.

Masih terdapat banyak lagi alat – alat kesehatan yang belum kita bahas pada kesempatan kali ini. Mungkin anda bisa luangkan waktu anda untuk mengulas informasinya lain waktu. Akhirnya, semoga apa yang saya tulis dengan segenap kemampuan saya semoga bisa bermanfaat !

Leave a Reply