Berkenalan Dengan Jenis Mikrofon & Fungsinya

Jenis mikrofon cukup banyak, masing-masing memiliki karakteristik dan ciri yang berbeda satu sama lainnya.

Biarpun demikian, mikrofon memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai tranduser yang mengubah suara menjadi gelombang elektromagnetik berupa sinyal – sinyal listrik.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk berbagi informasi  yang masih berkaitan dengan sebelumnya yaitu jenis jenis mikrofon.

Kalau kita melihat dari pengertian mikrofon, yaitu satu jenis tranduser yang berfungsi untuk mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik atau gelombang elektromagnetik, tentunya ada satu prinsip kerja yang mendasari sebuah mikrofon berfungsi sedemikian rupa kita ketahui sekarang.

Hal ini ada kaitanya dengan jenis mikrofon yang akan kita pelajari bersama di kesempatan kali ini.

Baiklah, tidak perlu terlalu lama lagi.

Berikut ini beberapa macam mikrofon yang diklasifikasikan berdasarkan karakteristiknya, cara kerjanya, fungsinya dan juga ukurannya.

Jenis Microphone Berdasarkan Prinsip Kerjanya

Dalam hal ini terdapat 4 jenis mikrofon yang bisa kita uraikan berdasarkan prinsip kerja atau bagaimana proses terjadinya sinyal listrik dari sebuah mikrofon.

1. Mikrofon Kondensor (Condensor Microphone)

Mikrofon jenis ini bekerja dengan menggunakan prinsip kapasitor keping sejajar.

Oleh sebab itu condenser microphone juga disebut sebagai mikrofon kapasitor.

Jenis mikrofon ini tersusun atas dua buah diafragma yang terbuat dari logam yang berdekatan dengan jarak yang sangat dekat.

Satu buah logam dibuat statis dan yang lainnya akan bergetar ketika terdapat gelombang suara yang mengenainya.

jenis jenis mikrofon

Getaran diafragma atau membran akan mengubah jarak antara kedua keping diafragma tersebut.

Sehingga terjadilah perubahan kapasitansi yang berakibat pada perubahan sinyal listrik yang dihasilkan.

Umumnya, mikrofon jenis kondensor ini memiliki ukuran yang cukup kecil, sensitifitas yang tinggi serta bersifat cardioid pada frekuensi tinggi.

Baca : Pola direktivitas mikrofon kondensor

Mikrofon jenis kondensor banyak digunakan pada prangkat – perangkat digital karena sensitifitasnya yang tinggi.

Contohnya seperti pada Handphone, Alat Bantu Dengar, Recorder (Alat Perekam) dan juga jenis tertentu digunakan dalam industri musik untuk menghasilkan suara yang jernih dan halus.

2. Dinamic Microhone (Mikrofon kumparan bergerak)

Berbeda dengan jenis mikrofon kondensor.

Dinamic Microphone mengadopsi sistem GGL induksi sebuah kumparan yang digerakkan dalam sebuah medan magnet.

Mikrofon ini tersusun dari sebuah kumparan yang digulung pada material isolator yang kemudian diletakan (direkatkan) ada diafragma.

Kemudian gulungan tersebut dipasangkan pada sebuah celah magnet permanen yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat dengan mudah bergerak.

Gelombang suara yang datang akan membuat membran bergetar dan terjadilah gerakkan maju mundur kumparan di dalam medan magnet.

Dari sini kemudian munculah gelombang elektromagnetik yang menghasilkan sinyal – sinyal listrik. Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat gambar beruikut ini :

jenis mic dynamic

3. Piezoelectric Microphone

Mari kita lanjutkan pembahasan jenis jenis mikrofon dan fungsinya selanjutnya yaitu mikrofon piezoelektrik.

Mikrofon jenis ini tersusun dari sebuah kristal aktif yang dapat menghasilkan tegangan ketika mendapatkan respon getaran dari luar.

jenis jenis mikrofon

Prinsip kerjanya adalah ketika gelombang suara datang menabrak membran, kristal – ristal piezoelektrik akan berubah bentuk.

Hal ini akan mengakibatkan perpindahan muatan di dalam susunan kristal yang akan mengeluarkan beda potensial listrik.

Karakter yang cukup unik dari jenis microphone ini yaitu kristal – kirstal piezoelektik dapat menerima getaran secara langsung tanpa menjadikannya sebuah diafragma untuk bergetar.

Dengan demikian respon frekuensi yang dihasilkan lebih baik hal ini tentu akan sangat mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan.

4. Carbon Microphone (Mikrofon Karbon)

Sesuai dengan namanya, mikrofon ini tersusun atas karbon (carbon) yang berbentuk granule atau butiran- butiran halus.

Karbon tersebut terletak pada dua buah plat dimana satu plat berfungsi sebagai elektroda statis dan yang lain berfungsi sebagai diafragma.

jenis jenis mikrofon

Prinsip kerja jenis mikrofon karbon yaitu perubahan resistansi.

Ketika membran diafragma ditabrak oleh gelombang suara, terjadi perubahan susunan karbon yang kemudian akan berakibat pada perubahan resistansi.

Hal ini kemudian akan berpengaruh pada perubahan output sinyal listrik yang dihasilkan.Nah, itulah beberapa jenis mikrofon dan cara kerjanya yang umum kita jumpai dipasaran.

Sebenrnya masih cukup banyak lagi seperti Liquid Microphone, Fiber Optic Microphone, Ribbon Microphone dan lain sebagainya.

Selanjutnya ada juga beberapa jenis mikrofon yang kita kelompokkan atau klasifikasikan berdasarkan penggunaanya.

Jenis Mikrofon Berdasarkan Penggunaanya

Ada beberapa mikrofon yang bisa kita klasifikasikan berdasarkan cara penggunaanya atau spesifikasi fungsi. Berikut beberapa jenis microphone yang dimaksud.

1. Personal Microhone

jenis jenis mikrofon

Biasanya digunakan oleh personal, satu orang satu mikrofon. Contoh pengaplikasian mikrofon jenis ini seperti pada reporter, pilot, pembawa acara, pembawa berita dan yang sejenisnya.

Umumnya berukuran kecil dan dilengkapi dengan penjepit atau satu sistem yang fleksibel pada saat digunakan.

2. Recording Microphone

jenis jenis mikrofon

Mikrofon jenis ini digunakan untuk recording atau rekaman. Ada banyak prores perekaman suara dan yang paling umum kita temukan yaitu pada industri musik.

Mikrofon recording dibuat dengan sangat sensitif dan sedikit noise. Tidak bisa dipastikan jenis mikrofon yang digunakan namun biasanya mikrofon kondensor atau piezoelektrik.

3. Handle Microphone

jenis jenis mikrofon

Umumnya digunakan di lokasi yang luas seperti tempat terbuka, auditorium besar, dan juga pada saat upacara – upacara di lapangan.

Umumnya menggunakan jenis mikrofon dinamik yang memiliki karakteristik suara yang tebal dan dominan pada frekuensi low dan medium.

Kalau kita mau mengupas lebih dalam tentang jenis mikrofon dan fungsinya ini, kita akan dapati banyak sekali macam dan jenis mikrofon yang bisa kita dapatkan dan klasifikasikan.

Namun intinya adalah, penggunaan mikrofon hendaknya disesuaikan dengan jenis dan karakteristiknya. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan suara yang maksimal dan sesaui dengan yang diharapkan.

Mungkin kita cukupkan pembahasan singkat mengenai jenis macam mikrofon dan penjelasannya serta penggunaanya. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Review 4 Merk Mikrofon Wireless Terbaik

Leave a Reply