Cara Menanam Edamame Di Polybag & Ditanah Kebun

Cara menanam Edamame tidak jauh berbeda dengan menanam tanaman kacang – kacangan lainnya. Kita bisa menanamnya di lahan persawahan, perkebunan atau bahkan disekitar rumah dengan polybag. Beberapa bulan lalu saya sempat mencoba menanm kacang edamame dengan dua model, hasilnya ? Sekarang akan saya ceritakan kepada pembaca semua.

Sebelum saya bercerita lebih detail tentang cara menanam kacang Edamame, ada mungkin ada baiknya kita berkenalan dengan jenis kacang ini. Bisa jadi ada beberapa orang yang belum mengetahui kacang ini.

Kalau kita melihat bentuknya, kacang Edamame sangat mirip dengan kedelai, hanya saja ukurannya lebih besar dari kedelai yang biasanya kita temukan di Indonesia. Edamame sebenarnya berasal dari Tiongkok, namun kebanyakan mengenal kacang ini sebagai kacang kedelai Jepang.

Selain ukurannya lebih besar, Edamame juga memiliki warna yang khas. Yaitu hijau, baik kulitnya maupun bijinya. Kalau anda pernah mencicipinya, rasanya sedikit mirip dengan kedelai namun lebih manis dan legit.

Sebentar !

Tadi kita sebut Edamame sebagai kacang – kacangan. Ternyata kacang ini masuk dalam kategori Vegetable alias sayuran. Anda akan sering menemukan sajian sepiring edamame kukus atau rebus di restoran Jepang atau werstrern food.

Namun demikian, di negara kita sudah banyak petani yang menanamnya terutama di daerah jawa timur seperti Jember dan sekitarnya. Bahkan Edamame Jember tekah berhasil menjadi komoditi Expor ke negara lain di luar Indonesia.

Oke, sekarang kita lupakan cerita asal kacang Edamame, dan kita mulai masuk pada bahasan ini bagaimana cara menanam Edamame sendiri di rumah.

Edamame sendiri termasuk tanaman tropis, sehingga dapat tumbuh di lingkungan tempat tinggal kita di Indonesia. Pertama yang perlu kita siapkan adalah bibit Edamame. Bibitnya bisa anda beli di toko pertanian atau di supermarket.

Kebetulan di tempat tinggal saya belum ada yang menjual bibit ini, sehingga saya beli bibit ini secara online.

cara menanam edamame

Yang perlu kita siapkan selain bibit yaitu media tanam. Di sini pertama saya ingin mencoba menanam edamame di polybag. Kemudian, saya juga mencoba menanamnya di lahan perkebunan (langsung di tanah). Untuk lebih jelasnya berikut langkah – langkahnya.

Cara Menanam Edamame Sendiri Dengan Polybag Atau di Tanah Langsung

  • Siapkan media tanam di polybag kecil yang berisi campuran Tanah, sekam dan kompos atau pupuk organik. Berapa perbandingannya ? Tidak ada aturan khusus, namun di sini seingat saya gunakan campuran 2 : 1 : 1 (tanah : sekam : kompos).
  • Kemudian Masukan campuran media tersebut ke dalam polybag kecil dan buat lubang di bagian tengahnya.
  • Setelah selesai, masukkan bibit kacang Edamame ke dalam lobang, satu polybag untuk satu bibit. Kemudian tutup atasnya dengan campuran media, usahakan tidak terlalu banyak.menanam edamame
  • Siram setiap pagi dan sore hari dengan air.
  • Biasanya dalam waktu 3 – 7 hari, bibit ini mulai tumbuh menjadi kecambah.cara menanam edamame
  • Sambil menunggu waktu Edamame tumbuh lebih besar, siapkan media di polybag besar apabila anda ingin menanam di polybag. Bila anda akan menanam di tanah biasa, maka lahan tanam sebaiknya dicangkul dan dibuat bedengan serta dicampur dengan kompos dan pupuk dasar.
  • Dalam saktu 3 hingga 4 minggu, Edamame sudah siap kita pindahkan ke Polybag besar atau ke tanah kebun.menanam edamame di polybag
  • Proses pemindahan sebaiknya dilakukan pada waktu sore hari, agar tanaman tidak stress.
  • Pindahkan satu persatu dengan hati – hati, sembari menambahkan pupuk kompos pada polybag yang besar atau pada lobang tanam di tanah untuk pemupukan yang kedua.
  • Seperti tanaman lain, Edamame juga bisa diserang berbagai macam penyakit baik dari serangga, jamur atau jenis lainnya. Untuk itu sebaiknya anda melakukan penyemprotan untuk perlindungan hama 2 minggu sekalia tau sesuai kebutuhan. Bersamaan dengan itu, campurkan juga pupuk daun dan hormon tunas untuk mempercepat perkembangan daun dan tunas.
  • Anda juga bisa menambahkan sedikit saja pupuk NPK di sekitar tanaman untuk merangsang pertunasan dan juga bunga.
  • Normalnya Edamame bisa panen dalam waktu 2 – 3 bulan.

cara menanam kacang edamame

Ternyata tidak semua yang kita harapkan menjadi kenyataan, termasuk saya dalam hal ini mengalami banyak sekali kendala yang tidak diketahui sebabnya. Dalam polybag, Edamame tumbuh dengan tidak sempurna.

Daun keriput, kering dan tidak hijau. Hasilnya Edamame berwarna pucat dan tumbuh kecil. Setelah mencari tahu, ada berbagai kemungkinan penyebabnya. Diantaranya adalah kurangnya pengendalian hama, kedua proses pemupukan terlambat ketiga cuaca yang tidak menentu.

Namun demikian, untuk Edamame yang saya tnam di lahan perkebunan biasa, menunjukan hasil yang lebih baik. Pohon dengan daun yang lebat, buhnya pun lumayan. Hanya saja daun banyak terserang ulat sehingga hasil panen tidak maskimal.

cara menanam kacang edamame

Tapi, bagaimanapun juga inilah hasil yang saya peroleh dari usaha saya. Dari cerita cara menanam Edamame ini, saya dapat menarik kesimpulan bahwa :

Hasil yang akan kita peroleh berbanding lurus dengan seberapa besar usaha yang sudah kita lakukan.

Sekian, semoga bermanfaat !

Leave a Reply