Beberapa Tips Mempercepat Laju Mobil Tamiya

Mempercepat atau menambah kecepatan mobil Tamiya, merupakan salah satu langkah untuk menang di dalam pertandingan atau kompetisi mini 4wd. Caranya tentu ada bermacam – macam, berikut ini beberapa faktor yang dapat menambah / mempercepat laju mini 4wd versi saya. Yuk simak sesaat lagi.

Tentu anda pernah bermain mobil Tamiya bukan ? Ya, seperti kebanyakan anak – anak pada umumnya di era 90an mengenal mobil balap kecil yang juga dikenal dengan mini 4wd ini. Di tahun 2000an, kita mobil ini sempat kembali memuncak sejak film kartun “lets and go” yang juga memerankan mobil balap mini seperti yonkuro.

Lupakan serial film tersebut, mari kita kembali fokus pada hal yang akan kita bicarakan pada kesempatan kali ini, yaitu bagaimana cara mempercepat mobil Tamiya. Dalam hal ini saya ingin berbagi beberapa faktor yang menurut saya, berpengaruh untuk menambah kecepatan laju mobil ini.

Sekian Faktor Modifikasi Yang Dapat Meningkatkan Kecepatan Mobil Tamiya

# Mesin (Dinamo)

Tentu kita semua tahu bahwa hal yang paling berpengaruh terhadap kecepatan adalah mesin mobil itu sendiri atau yang sering kita sebut dengan “dynamo”. Memodifikasi dynamo, tentunya akan mempercpat laju mobil ini. Dinamo juga memiliki beberapa bagian yang dapat kita modifikasi untuk mnambah kecepatan putarnya.

Magnet

Jika anda pernah belajar ilmu fisika khususnya gaya gerak listrik induksi. Besarnya medan magnet akan berpengaruh terhadap besarnya gaya ini. Konsep ini juga bisa kita terapakan di mobil Tamiya. Oleh karena itu, gunakan magnet emas atau perak yang memiliki medan magnet lebih tinggi dibanding yang standar.

Angkur

Bagian dynamo yang ke dua yaitu Angkur. Angkur adalah bagian yang berputar dari dynamo yang juga terdapat lilitan di bagian tengahnya. Bagian ini juga sangat berpengaruh terhadap laju putaran dynamo sehingga memodifikasinya dapat menambah kecepatan mobil.

Ada banyak formula angkur yang biasanya digunakan. Saya dapat beberapa informasinya dimana diantara beberapa formula tersebut satu yang paling cepat putarannya. Berikut spesifikasinyaAngkur :

  • A & Y, 12 mm
  • Diameter kawat : 0,47 mm (warna hijau)
  • Cara menggulung : Triple 7 -7-7 Cross

# Brush

Munkin anda tidak begitu mengenal dengan istilah tersebut. Brush merupakan lempeng logam yang terbuat dari tembaga, merupakan bagian dari dynamo yang berfungsi untuk memberikan tegangan baterai pada dynamo sehingga dapat berputar. Pemilihan jenis Brush yang tepat dapat meningkatkan Rpm dan juga meningkatkan keawetan dynamo.

# Laker Roda

Kalau kita membeli satu unit mobil mini 4wd misalkan merk Auldy, kita akan mendapatkan laker standar yang hanya terbuat dari logam tembaga berbentuk lingkaran. Kalau ini kita ganti dengan laker yang kita beli di toko – toko sparepart modifikasi mobil Tamiya tentu laju roda akan lebih lancar dan stabil. Hal ini tentunya akan membuat kerja dynamo semakin maksimal hingga akhirnya kecepatannya pun akan bertambah.

# Roda

Cara menambah kecepatan mobil Tamiya berikutnya yaitu memodifikasi roda. Untuk yang satu ini, mungkin anda bisa sesuaikan dengan lintasan dimana mobil anda melaju. Ban yang ringan, namun memiliki gaya gesek yang tinggi tentu akan semakin menambah kecepatan mobil. Gunakan juga roda dengan bahan karet yang bagus, bukan karet mati yang keras. Hal ini justru akan membuat mobil selip.

# Roller

Mobil mini 4wd identik dengan roller yang berada di bagian depan dan belakang. Hal ini karena mobil ini didesain sedemikian rupa sehingga dapat melaju di lintasan dengan teratur. Roler adalah roda yang bergesekan dengan dinding lintasan, bila ini kita ganti juga dengan model laker pasti akan juga menambah laju mobil karena semakin halus.

Apakah hanya itu ? Tentu saja tidak, masih ada banyak lagi bagian – bagian yang menjadi faktor penentu kecepatan mobil Tamiya seperti desain Body, Gear, dan juga jenis baterai yang digunakan. Itulah beberapa hal yang bisa kita modifikasi untuk menambah kecepatan mobil Tamiya. Sekian, semoga bermanfaat

Leave a Reply